Thursday, November 1, 2012

gempa aceh tanggal 1 november 2012 pukul 08.15 malam hari

                                                       gempa di aceh malam hari 
tanggal 1 november 2012 pukul 08.15
di aceh

 


Gempa susulan berkekuatan 5,2 skala richter kembali terjadi di Provinsi Paling utara di pulau sumatera, tepat pukul 12:08 siang ini.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, pusat gempa masih di kedalaman 10 km di bawah permukaan laut dan tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempa berlokasi di 562 km Barat daya Kabupaten Simeuleu-NAD , 639 km Barat daya Kabupaten Aceh Jaya , 659 km barat daya Kab-Aceh barat , 667 km Barat daya Banda Aceh-NAD, 1900 km Barat Laut jakarta.

Sebelumnya, berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, sepanjang tadi malam, Aceh diguncang sedikitnya 60 gempa susulan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan mengumumkan terjadi gempa besar dengan skala di atas 8 Richter yang berpotensi menimbulkan tsunami di beberapa wilayah Sumatra.

Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Bengkulu mendapatkan peringatan dini atas kemungkinan terjadinya tsunami akibat gempa berskala 8,9 Richter. Namun, BMKG kemudian merevisi kekuatan gempa menjadi 8,5 Richter.

Menurut situs BMKG, gempa terjadi pada Rabu 11 April 2012 pada pukul 15.38 WIB dengan kedalaman 10 km.

Lokasi pusat gempa pada 2.31 Lintang Utara, 92,67 Bujur Timur di sekitar Kabupaten SImeuleu. BMKG menyatakan status awas untuk beberapa wilayah seperti Pantai Barat Aceh, Nias, Mentawai, Kabupaten Simeuleu.empa yang terjadi sore tadi di Aceh memang terasa sampai ke beberapa kota di Sumatera. Dimana kejadian gempa yang terjadi tadi sore agak berbeda dibandingkan kejadian waktu tahun 2004 lalu. Pada saat kejadian sore tadi gempa yang dirasakan hanya berupa getaran yang cukup agak lama, sedangkan kejadian tahun 2004 terasa bergoyangnya bangunan dari arah timur menuju barat.
Memang getaran gempa tadi sore membikin masyarakat juga panik karena pristiwa ini bukanlah yang pertama terjadi didaerah kepaulauan Sumatera. Karena setelah kejadian Aceh tahun 2004 yang menimbulkan tsunami telah membuat sebagian besar masyarakat menjadi takut dan panik. Apalagi ditahun 2009 kota pesisir pantai Sumatera Barat juga mengalami gempa yang sangat sama dengan pristiwa Aceh tahun 2004. Tapi baiknya kejadian gempa yang besar di Sumatera Barat tahun 2009 tidak menimbulkan Tsunami seperti kejadian Aceh tahun 2004.





semoga anda senang dengan informasi saya


jika anda ingin kommen atau chating dengan saya anda bisa add saya di fb

ini alamat fb saya hunter_anarch@yahoo.com

jangan lupa like this yo

No comments:

Post a Comment